Sejarah

GEDUNG SMK TEKNO-SA
SMK Tekno-SA Surakarta

Sejarah Singkat

 

SMK Tekno-SA didirikan oleh Yayasan Institut Pengembangan Kewirausahaan dan Kejuruan Indonesia (IPKKI) Surakarta. Merupakan kegiatan pokok dari Yayasan IPKKI Surakarta adalah pengembangan sumber daya manusia melalui program pengusaha kecil dan koperasi, program pelatihan dan pemagangan serta program pendidikan ahli teknik.

Sebagai bagian dari anggota masyarakat, Yayasan IPKKI yang telah berdiri sejak tahun 1992 tergerak untuk berperan serta dapat melahirkan individu dan masyarakat yang terpelajar, dan serta membangun geneasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan. Salah satu wujud dari peran serta tersebut adalah dengan mendirikan SMK.

Pilihan mendirikan SMK, dilandasi adanya fakta bahwa proses pendidikan (Kompetensi Konseptual, teknikal, integrative, kontektual, adaptif dan komunikasi interpesonal) serta tingkah laku profesional,  identitas profesional, etika profesional, motivasi belajar, derajat keterserapan didunia kerja, dan kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan melalui penelitian dan pengembangan. Sehingga lulusan SMK dapat secara capat terserap pada dunia kerja. Pada sisi lain , lulusan SMK juga masih diberi kesempatan untuk dapat menikuti pendidikan pada jenjang diatasnya ( Pendidikan Tinggi).